Menjelang tahun 80-an, Ir. Ciputra bisa dikatakan sudah memiliki semua atribut sebagai pebisnis sukses. Proyek-proyek besar Jaya Group bersama Pemerintah Kota Jakarta terus digarap seiring dengan digalakkannya pembangunan infrastruktur. Ada pula proyek Ancol dan persiapan pembangunan Bintaro. Metropolitan Development, perusahaan lain yang didirikan bersama sahabat-sahabatnya semasa kuliah di ITB pun sedang mengerjakan banyak proyek properti, termasuk kawasan perumahan elit Pondok Indah. Kepentingan pribadi seorang Ir. Ciputra untuk mendidik anak-anak dan keluarganya melandasi arsitek yang pada tahun 60-an memugar kawasan Senen ini untuk mendirikan PT.Citra Habitat Indonesia, cikal bakal grup Ciputra pada 1981.

Anak Sulung Ciputra, Rina Ciputra ditunjuk sebagai pemimpin di perusahaan baru ini. Bersama dengan sepupunya Henk Wangitan dan suaminya kelak, Budiarsa Sastrawinata, tim kecil ini diberi tantangan untuk mengembangkan proyek pemukiman pertama Grup Ciputra di kawasan Cengkareng, CitraGarden. Mereka berhasil. Dan perumahan yang dulunya ladang terbengkalai kini semakin luas dan dikenal dengan nama CitraGarden City.

Grand Shenyang International City - China
Grand Shenyang International City - China

Hunian-hunian Grup Ciputra banyak yang dibangun di kawasan yang sebelumnya tidak diperhitungkan atau bahkan di atas lahan yang secara kasat mata tidak potensial. CitraLand Surabaya dulunya adalah kawasan gersang yang sumber airnya pun harus dialirkan melalui pipa dari tempat yang jauh. Atau CitraLand City Samarinda yang dibangun di atas lahan bekas tambang batu bara. Namun sekarang, yang terlihat adalah kompleks hunian modern yang nyaman dengan fasilitas lengkap. Tidak hanya penghuni yang menikmati fasilitas tersebut, namun juga masyarakat yang berada di sekitar kawasan perumahan-perumahan Grup Ciputra. Pernahkah seorang Ciputra didahului pengembang lain ketika mengincar sebuah lahan? “Tidak pernah,” jawab Ir. Ciputra dengan yakin. “Saya selalu memiliki prinsip menjadi seorang entrepreneur yang penuh inovasi, berada di depan, dan menjadi trend-setter. Hal-hal inilah yang kemudian selalu saya terapkan dalam bisnis properti,” tambah beliau. Prinsip inilah yang dipegang teguh Grup Ciputra hingga sekarang.

Dengan inovasi yang tiada henti, Grup Ciputra tidak hanya berkecimpung di industri hunian dan pemukiman. Pada tahun 1993, hotel dan mall pertama milik Grup Ciputra, Citraland, beroperasi di kawasan Grogol, Jakarta Barat.  Selanjutnya perusahaan ini juga merambah ke bidang fasilitas kesehatan dengan membangun Ciputra Hospital di CitraRaya Tangerang. Kawasan terpadu apartemen, hotel, dan pusat perbelanjaan berupa superblok dengan nama Ciputra World juga dibangun di Jakarta dan Surabaya. Bahkan Ciputra World 1 Jakarta juga dilengkapi dengan museum, ruang pamer dan theatre.

Jika dulu pada tahun 60-an Ir. Ciputra bersama Pembangunan Jaya memulai proyek Ancol pada lahan pantai, kini Grup Ciputra punya CitraLand City Losari Makassar, sebuah proyek reklamasi pertama mereka di kota Makassar, Sulawesi Selatan.