Sebagai perusahaan keluarga yang dibentuk oleh Pak Ciputra, apa karakter personal Pak Ciputra yang juga menjadi karakter perusahaan Ciputra Group?

Sejumlah karakter yang ada di dalam diri saya, saya terapkan ke dalam nilai-nilai dasar perusahaan. Karakter itu misalnya bekerja keras, tidak merugikan orang lain, memiliki integritas, bersikap profesional, dan mengembangkan jiwa entrepreneur. Bersama dengan anggota keluarga dan jajaran manajemen perusahaan, saya menekankan pentingnya menjaga etika usaha dan mentransformasikan sikap-sikap tersebut ke dalam value atau nilai dasar perusahaan, yang selanjutnya dikemas menjadi konsep Integritas, Profesionalisme, dan Entrepreneurship (IPE). IPE ini akhirnya dirumuskan serta ditetapkan menjadi nilai dasar perusahaan kita. Setiap karyawan, mulai dari jajaran top manajemen hingga level pelaksana teknis di dalam perusahaan, wajib memahami dan menjalankan nilai IPE ini. Saya yakin, IPE ini akan membawa perusahaan menjadi lebih maju di masa depan.

Tahun 1972 Pak Ciputra berbicara tentang perlunya peran swasta untuk membantu memecahkan masalah pemerintah dalam usaha menyediakan perumahan rakyat. Bagaimana Ciputra Group melihat masalah tesebut dalam konteks masa kini?

Sejak dahulu, Ciputra Group senantiasa berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam konteks penyediaan perumahan rakyat. Namun demikian untuk mewujudkan hal itu, kita tentunya tidak mampu mengandalkan kemampuan diri sendiri saja dan juga memerlukan dukungan pemerintah mulai dari pengadaan dan peruntukan lahan, kemudahan perijinan, payung hukum, hingga bagaimana skema harganya.

Ciputra Group sudah hadir di beberapa negara. Apakah sudah ada rencana untuk melakukan penetrasi ke negara baru? Negara mana?

IR. Ciputra
IR. Ciputra

Kami senantiasa mengkaji kelayakan untuk melakukan ekspansi usaha, baik itu di dalam negeri maupun ke luar negeri. Saat ini, kami sudah hadir beberapa negara mulai dari Shenyang-China, Jiaxing-China, Hanoi-Vietnam, dan Phnom Penh-Kamboja. Negara-negara lainnya yang potensial tentunya akan menjadi target ekspansi kami berikutnya.

Sebagai pengembang yang akrab dengan bidang planologi dan perancangan kota, bagaimana Ciputra Group memandang area yang biasa disebut ‘kampung kota’ sebagai bentuk pemukiman?

Kampung kota merupakan sebuah kawasan yang didalamnya berisi kehidupan manusia dengan segala keterbatasan dan hiruk pikuk persoalan sosial kemasyarakatan di perkotaan. Tentunya, kita perlu memiliki kepekaan sosial untuk bersama-sama memikirkan cara yang tepat untuk menatanya agar menjadi kawasan yang lebih manusiawi, tertata, bersih, nyaman, dan aman untuk ditinggali.

Proyek-proyek terbaru apa dari Ciputra Group yang diproyeksi akan menjadi primadona properti di Indonesia?

Sepanjang tahun 2017 kemarin, sejumlah proyek baru yang sudah diluncurkan Ciputra Group antara lain :

  • CitraLand City Losari, Makassar
  • Ciputra Beach Resort-Sadana Bali
  • EcoHome CitraRaya Tangerang
  • CitraLand Cibubur
  • CitraPlaza Nagoya Batam
  • Barsa City Yogyakarta

Tentunya, kita berharap agar semua proyek yang dikembangkan oleh Ciputra Group dapat menjadi pionir dan primadona di kawasan regional setempat, namun juga dapat memberikan banyak manfaat untuk peningkatan kualitas kehidupan masyarakat Indonesia.